No image available for this title

Text

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK SISWA KELAS VIII DI SMP SANTA MARIA PALANGK RAYA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021



ABSTRAK
Bha, Maria Eupaharasia Sena. 2021. Pengaruh Media Sosial Terhadap Hasil Belajar
Pendidikan Agama Katolik Sisiwa Kelas VIII Di SMP Santa Maria Palangka
Raya Tahuan Ajaran 2020/2021. Skripsi. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak
Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya. Program Studi Pendidikan dan
Pengajaran Agama Katolik. Pembimbing: (1) Paulina Maria. E.W, S.Pd. M.Pd.
Pembimbing: (2) Romanus Roman S.Pd M.Hum.
Kata Kunci : media sosial, hasil belajar , pendidikan agama Katolik
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap hasil
belajar pada pembelajaran PAK ( pendidikan agama Katolik) di SMP Santa Maria Palangka
Raya khususnya siswa kelas VIII. Melalui penelitian ini, peneliti ingin melihat lebih jauh
apakah ada pengaruh media sosial terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Katolik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di SMP
Katolik St. Maria Palangka Raya. Populasi penelitian adalah semua siswa yang ada dikelas
VIII. Sampel penelitian adalah kelas VIII B dan C yang diambil dengan teknik cluster
random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibagikan melalui
google form dan wawancara tambahan dengan guru pendidikan agama Katolik. Teknik
analisis data menggunakan teknik korelasi product moment pearson.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media sosial
terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Katolik. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan uji
hipotesis menggunakan product moment pearson dengan hasil perhitungan rxy (0,450) > r
tabel (0,284). Hasil rhitung tersebut termasuk dalam kriteria pengaruh yang sedang atau
cukup baik. Hasil tersebut apabila dianalisis lebih jauh dapat dilihat dari beberapa factor yaitu
faktor peserta didik yang menggunakan media social dan factor guru dalam mengkoordinir
kegiatan pembelajaran. Peserta didik terkadang terlalu asyik dengan media sosialnya
sehingga tugas-tugas yang diberikan guru lambat dikerjakan dan hal tersebut mempengaruhi
hasil belajar mereka. Namun guru berusaha mengatasinya dengan memberikan tugas-tugas
yang menarik dan tidak lupa juga selalu mengingatkan mereka tentang tanggungjawab
mereka terhadap tugas yang diberikan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
SKRIPSI
Penerbit STIPAS Tahasak Danum Pambelum : STIPAS Tahasak Danum Pambelum.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
SKRIPSI
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2021
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this