Syarat Perubahan Data Mahasiswa Melalui Forlap Ristek Dikti

UNTUK STATUS MAHASISWA YANG SUDAH LULUS
Untuk perubahan nama mahasiswa dengan status sudah Lulus
1. Scan Ijazah asli terakhir
2. Scan transkrip asli terakhir
3. Scan KTP asli
4. Scan akta kelahiran asli
5. Scan Kartu Keluarga asli
6. Scan surat pernyataan dari pimpinan PT asli
UNTUK STATUS MAHASISWA YANG AKTIF
Perubahan nama mahasiswa dengan status Aktif
1. Scan Ijazah asli terakhir
2. scan KTP asli
3. Scan KTM asli
4. Scan Akta kelahiran asli
5. Scan kartu keluarga asli
6. Scan surat pernyataan dari Pimpinan PT asli
Mengubah nim mahasiswa
1. Scan Ijazah asli terakhir
2. Scan transkrip asli
3. Scan KHS dari awal semester sampai lulus (bagi yang sudah lulus)
4. Scan KTP Asli
5. Scan KTM asli
6. Scan Akta kelahiran asli
7. Scan kartu keluarga asli
8. Surat penyataan Pimpinan  asli
Jika melakukan perubahan nama bersifat ekstrim, misalnya nama laki-laki menjadi prempuan dan sebaliknya, serta perubahan seluruh komponen nama mahasiswa, maka perlu melampirkan surat keterangan dari pengadilan.
Bagi status mahasiswa yang sudah lulus maupun yang belum lulus dapat mengajukan perbaikan data mahasiswa melalui alamat email admin@stipas.ac.id dengan melampirkan scaner data asli seperti yang tersebut di atas.

84 Responses to Syarat Perubahan Data Mahasiswa Melalui Forlap Ristek Dikti

  1. Hasna assawala berkata:

    Baimana cara saya menupload berkas tanpa harus melalui petugas komputer pada kampus?terima kasih

    • stipas berkata:

      Selamat siang, untuk pengajuan perubahan mahasiswa memang harus melalui Operator Perguruan Tinggi yang bersangkutan untuk memvalidasi berkas dan selanjutnya berkas yang ada diuplaud dan diusulkan ke ristekdikti oleh operator. Dari ristek dikti baru mengecek keabsahan dokumen yang ada, kalau valid perubahan data mahasiswa akan di ACC. Perubahan data mahasiswa prosesnya tidak cukup hanya 1 hari. Pengalaman yang pernah dialami bisa sampai 1 tahun.

      • Indah Puji Ningrum berkata:

        maaf mau tanya mengapa proses perubahan data harus 1 tahun? apa alasanya? selama 1 tahun itu yang membuat lama itu apa?
        jika 1 hari dirasa tidak cukup. maka ada 1 minggu, jika masih belum cukup masih ada bulan. saya rasa alasan 1 tahun perlu dipertimbangkan kembali.

        • stipas berkata:

          Kalau proses di perguruan tinggi setempat 1 hari selesai.. tapi dari pt setempat harus divalidasi lagi di kopertis /pokja baru divalidasi oleh ristekdikti… Kalau hanya validasi 1 orang saja 1 hari beres.. ini yang divalidasi seluruh perubahan data mhs, dosen dll..yang jumlahnya hisa ratusan ribu.. kesalahan ini disebabkan karena penginputan data oleh perguruan tinggi setempat.

        • Akhmad Ramadhan Rahman berkata:

          Yth. Pengurus dikti. Saya mohon dengan sangat data yg saya kirim ke operator universitas saya sudah saya kirim. Dari sebulan yg lalu. Jika bisa diralat data saya dengan cepat tolong di percepat terima kasih.

      • Dewi berkata:

        Kalau ngurus nim brp lama kak

  2. Siti Amelia Rhmawati berkata:

    bagaimana bisa nama saya di biodata mahasiswa forlap dikti siti amelia rahmawati berjenis kelamin laki laki ? sudah jelas nama saya itu berjenis kelamin perempuan ! mohon di kroscek lagi dan sangat berdampak buruk untuk kelulusan saya nanti!!!

    • stipas berkata:

      Silahkan kontak operator perguruan tinggi saudara, karena kesalahan penginputan data ada pada operator perguruan tinggi saudara, data yang ditampilkan di forlap dikti berasal dari hasil input operator PT yang bersangkutan.

      • Nur Fatimah berkata:

        Kira-kira untuk pengubahan data jenis kelamin memakan waktu berapa minggu?

        • stipas berkata:

          Untuk perubahan keterangan jenis kelamin dll.. Lamanya tergantung dari kelengkapan dokumen pendukung dan keaktifan operator di Perguruan Tinggi saudara. Silahkan kontak operator PT saudara.

          • adnan berkata:

            untuk meruha keterangan jenis kelamin, apa saja kelengkapan dokumen pendukung yang dibutuhkan?

          • stipas berkata:

            Akta kelahiran, ktp, ijazah terakhir, semua dokumen harus singkron.. nama, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, nama ibu… Perbedaan 1 karakter bisa ditolak.

          • Asrul berkata:

            Assalamualaikum
            Kak saya bermasalah pada Tahun masuk nya saya sebenarnya masuk di tahun 2016 tapu di dikti tercatat 2017 kak?? Adakah solusinya kak tolong di verifikasi kak

          • stipas berkata:

            Kalau ini beda.. datang ke operator pt..persyaratan yang dilampirkan dan disediakan perguruan tinggi adalak sk mhs baru yang diterima saat tahun itu. Mhs tidak perlu menyiapkan dokumen lain, hanya lapor saja ke operator.

  3. Rullyta berkata:

    Sy juga mengalami hal yg sama, pihak kampus sy sdh meminta sy mengirim scan KTP AKTE LAHIR IJAZAH TRANSKIP namun data pada FORLAP DIKTI belum berubah, ini sangat merugikan waktu sy krn sy akan mengurus STR MTKI yg bisa didaftar melalui online. tolong pihak DIKTI segera merubah data dari kampus sy UB.TERIMNA KASIH

  4. Jefry berkata:

    Bagaimana dengan saya yg sdh lulus tahun 2012 akan tetapi status saya masih saja mahasiswa aktif..

    • stipas berkata:

      Maaf Saudara lulusan dari mana? Kontak Operator perguruan tinggi saudara , kami hanya konfirmasi untuk lulusan dari STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya. Terima kasih.

  5. Darmawati berkata:

    Kenapa saya masih terdftar sebagai mahasiswa aktif sedangkan sy telah sejak tahun 2006???
    Terima kasih

    • stipas berkata:

      Maaf Saudara lulusan dari mana? Kontak Operator perguruan tinggi saudara , kami hanya konfirmasi untuk lulusan dari STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya. Terima kasih.

  6. Vinsensius Lado berkata:

    Saya sdh alumni tpi data saya di PDPT masih aktif,blm status LULUS. Mohon solusinya. Thanks

    • stipas berkata:

      Status lulus atau aktif maupun non aktif berasal dari perguruan tinggi yang bersangkutan, silahkan menghubungi operator perguruan tinggi saudara dengan melampirkan scan ijazah dan transkrip. Mudah mudahan ini membantu.

  7. yanuaria berkata:

    selamat pagi siang punya aku uda di urus dari tanggal 10 november nanti 2017 dan sampai saat ini dari dikti belum melakukan perbaikan..berapa lama ya nama di dikti di berkati perbaiki

  8. ERPINA PURBA berkata:

    saya sudah lulus. penulisan nama saya ada yang salah. syaratnya apa y? karena ada yg bilang KTM jg harus ikut

    • stipas berkata:

      Perubahan nama syaratnya scan akta kelahiran, scan ijazah terakhir dan scan surat pengantar dari perguruan tinggi (semua dokumen discan, bukan di foto ataupun di fotocopy). Kalau di tempat kami dokumen tsb bisa dikirim via email..ini tergantung dari keaktifan operator PT.

      • ERPINA PURBA berkata:

        jadi KTM gk usah lg y?

      • dede syukriyah berkata:

        Penulisan nama saya juga ada yg salah . Sudah pernah urus di kampus dari thn 2017 smp skrg nama masi blm di ubah yg sesuai ktp saya. Itu bagaimana pak. Selain kampus bisa tidak kita email langsung k forlap.a

        • stipas berkata:

          Yang bisa mengusulkan perubahan data mahasiswa hanya kampus yang bersangkutan disertai lampiran yang valid, coba datangi kembali kampus siapa tahu masih ada berkas yang kurang, dan minta screen shot perubahan tersebut sudah dalam proses apa.

  9. NURFIDA berkata:

    Assalamu alaikum, saya juga mengalami hal yang serupa bermasalah pada nama! operator PT sudah beberapa kali mengajukan perubahan ke dikti, tapi sudah 6bulan lebih belum ada perbaikan. ini sangat merugikan kelulusan saya kedepan. terima kasih

    • stipas berkata:

      Memang peginputan data pertama ialah operator di perguruan tinggi, apabila ada kesalahan penginputan data oleh operator (kesalahan data bisa ada pada operator ataupun dari sumber data misalkan dari formulir pendaftaran mahasiswa baru yang tidak jelas atau salah tulis oleh calon mahasiswa) berarti data yang ada di forlap.ristekdikti.go.id akan salah juga. Untuk pengusulan perbaikan data memang sulit berkaitan dengan penutupan periode dari masa perkuliahan. Perlu saya informasikan data yang sekarang masih bisa diinput adalah pada periode semester Gasal 2017/2018 dan semester Genap 2017/2018. Untuk periode sebelumnya sudah ditutup, sedangkan usulan pembukaan periode sebelumnya bisa dilakukan namun prosesnya sangat panjang dan memakan waktu. Maka saya sarankan waktu penginputan data oleh operator data yang dinput memang benar benar Valid. Mudah mudahan ini bisa dipahami.

  10. UNNA berkata:

    Asslmualaikm..
    Sy jg mengalami hal yg sama, sy kuliah di STKIP Muhammadiyah Pringewu-Lampung. status mamasiswa sy msh AKTIF, pdhal sy sdh LULUS tahun 2014, dan jg transkip sy di data dikti ada yg tdk sesuai dg Transkip asli. Sehingga IPK sy SALAH saat akn dgunakan daftar PPG SUBSIDI. Jd hal ininghambat sy dan sangat merugikan sy. Berapa lama utk memperbaiki itu semua ya? Pdhl pndftran hny smpai awal bulan April 2018 saja.

  11. jumharni berkata:

    mau nanya saya salah jenis kelamin dan tanggal lahir juga salah, bagaimana cara harus memperbaiki? sy sudah konfirmasi ke operator kampus katanya harus kirim berkas scan ijaza dll. tapi hasil scanan itu dikirim kmana?
    makasih

    • stipas berkata:

      Kirim ke operator pt..kalau di pt kami bisa menggunakan email, tapi kalau di pt saudara saya tidak tahu..kontak saja operator pt saudara.

  12. Evi berkata:

    Selamat pagi, saya mau bertanya kalo keslahan terjadi pada penulisan nama dan ipk apa syarat2 yang perlu di persiapkan. Terimakasih

    • stipas berkata:

      Kesalahan penulisan nama dan IPK syarat yang diperlukan adalah Akta Kelahiran, Ijazah dan Transkrip Terakhir semua di scan tidak boleh di foto kopi dan file bisa berikan kepada operator perguruan tinggi dimana saudara lulus.

  13. Eka lestari berkata:

    Saya mau daftar PPG tapi pas input tanggaL lahir seLalu bermasalah (Muncul :TanggaL lahir tidak cocok) , padahal KTP, akte dan ijazah semua sudah sesuai. Kira-kira masalahnya di mana? Dan mohon soLusinya 😇

    • stipas berkata:

      Hehehe.. coba cek kembali apakah tanggal bulan dan tahun sesuai aturan misalnya tgl 29 februari ternyata lahirnya padavtahun bukan kabisat, tgl 31 april ..karena tgl 31 april ndak ada dalam rumusan tahun… Siapa tahu kesalahan itu..

    • chan199 berkata:

      Saya mengalami hal yang sama,ternyata data yg di dikti yg salah.. tgl lahir saya 10 Juni, seharusnya tgl 10 bulan 6.. tapi data di dikti tgl lahir saya jadi tgl 6 bulan 10.. coba saja tanggal dan bulannya dibalik..

    • panji nada berkata:

      saya juga mengalami masalah yang sama. ada solusi tidak ya?

      • stipas berkata:

        Begini langkah pertama coba cek data kependudukan apakah datanya sesuai dengan apa yang tertulis di forlap dikti (baik penulisan nama, tempat tanggal lahir, nama ibu dll) kalau berbeda satu karakter saja akan ada penolakan system.

        • Nur ilmiani berkata:

          Saya 11 juli eh di balik jadi 7 november. Saya sudah melapor di pihak kampus dengan syarat yg sudah saya lengkapi tapi belum terubah. Padahal teman saya yang bersamaan dengan saya sudah terubah

      • Nur ilmiani berkata:

        Saya juga dengan masalah yang sama

  14. panji nada berkata:

    saya ingin mendaftar PPG, ketika input, muncul keterangan tanggal lahir tidak cocok. apakah ada solusi? kenapa bisa demikian?

    • stipas berkata:

      Coba cek kembali antara data kependudukan dan data di forlap dikti, kalau berbeda ada penolakan systemnya. Data kependudukan NIK sekarang sudah terintegrasi dengan data di forlap dikti..

  15. prima retno wulandari berkata:

    saya ingin ikut ppg masalahnya kampus saya dulu ikip prgi madiun sekarang ganti nama universitas pgri madiun ketika saya masuk kedaftaran pertama nama perguruan tingginya saya isi ikip pgri madiun tapi pas masuk jurusannya tidak ada pilihan pgsd tapi pas saya isi universitas pgri madiun jurusan pgsd ada, lalu saya isi NIM mhsiswa kok jwbnya gagal /belum masuk ke dikti

    • stipas berkata:

      Saudara angkatan / masuk tahun berapa? Aturan pelaporan di forlap.ristekdikti.go.id dapat dibaca di https://forlap.ristekdikti.go.id/welcome/newsdetail/82
      Kasus perubahan bentuk PT seperti ini bisa terjadi karena saat nama pt yang lama data data belum lengkap dan belum dilaporkan ke dikti.. Sehingga saat migrasi ke nama pt yang baru data yang belum dimasukan saat nama pt lama akan tidak ada di pt baru. Saran saya ya lapor ke operator pt sekarang.

  16. prima retno wulandari berkata:

    Masuk tahun 2011, tp thn 2017 sy dftr ppg bisa terdeteksi dikti kok thn ini bermasalah pdhl ikip gnt nama thun 2017

  17. cita iftinan talidah berkata:

    bagaimana cara mengajukan perubahan jumlah sks yang telah di ambil? mohon bantuannya karena menyangkut syarat tugas akhir, terimakasih…

    • stipas berkata:

      Hubungi operator setempat dengan membawa khs yang sudah pernah diambil. Prosesnya lebih lama lagi karena perlu pembukaan periode/semester sebelumnya oleh operator ke ristekdikti. Periode yang terbuka saat ini hanya 20171 dan 20172.

      • cita iftinan talidah berkata:

        terimakasih sudah saya laksanakan perihal mengurus data di operator setempat, jika bagian operator setempat sudah memperbaiki data di tingkat universitas pd semester ini, lalu bagaimana cara memperbaiki data di tingkat forlap dikti?

  18. Saya mengalami hal yang sama seperti di atas yaitu saya sudah lulus 28 april 2018 kemarin dan mau mendaftar PPG namun belum terdaftar di PD DIKTI sebagai mahasiswa lulus padahal penutupan pendaftaran online tanggal 6 Mei 2018. Setelah ini saya akan menghubungi operator PT saya untuk mengajukan perubahan. Mohon bantuannya untuk pihak dikti untuk berkenan mengubah data saya agar bisa mendaftar PPG segera. Terima kasih untuk pihak DIKTI dan semua anggota yang terlibat yang sudah bekerja keras. Saya mohon bantuannya.

    • stipas berkata:

      Kalau kasus ini beda lebih cepat prosesnya karena periode 20172 masih terbuka.. segera kontak operator pt dengan membawa judul skripsi, kartu bimbingan skripsi, transkrip nilai, ijazah terakhir, serta nama pembimbing dan penguji skripsi…kalau operator aktif..tidak ada 1 hari selesai.

  19. Nur ilmiani berkata:

    Cara cek tanggal lahir bagaimana yah?

    • stipas berkata:

      Untuk yang bisa mengecek tanggal lahir hanya operator, admin/pokja kopertis/kementerian lain, BKD karena data tersebut tidak boleh diketahui publik.

  20. Yeni berkata:

    Maaf sebelumnya, kalau proses perubahan datanya sampai 1 th. Trus bagaimana yg ingin mengajukan STR Nasional?
    Bukankah itu malah menghambat pembuatan STR? Padahal STR sangat dibutuhkan ketika bekerja.
    Terimakasih..

    • stipas berkata:

      Kalau proses di pt saja cepat..karena ini perlu validasi dari pokja kopertis / pokja kementerian lain dan kemudian validadi di Ristek dikti.. Dengan antrian yang panjang pada tingkat kopertis maupun di ristekdikti. Bukan hanya data mahasiswa saja yang lama pengurusannya… Perubahan data dosenpun kalau salah menginput data prosesnya lama.. Sama seperi mahasiswa.proses di tingkat pt..baru ke pokja..dari pokja baru ke ristekdikti untuk validasinya.. Ya saran saya waktu pendaftaran sbg mahasiswa data diri harus sesuai dengan akta lahir, ijazah sma, ktp..mengisi formulir data mhs baru Kalau salah satu data tersebut berbeda akan ribet untuk perubahannya.

  21. Khairil berkata:

    Kasus yang terjadi dulu lulus saat masih jadi STKIP. Dan sekarang sudah berubah jadi Universitas.
    Bqgaimana cara mengajukan perubahan data ?

    • stipas berkata:

      Ini lebih rumit dari yang lainnya, kalau data waktu masih STKIP sudah lengkap ndak masalah, tapi kalau tidak lengkap akan rumit, karena proses migrasi data dari STKIP ke Universitas harus lengkap terlebih dahulu sehingga data akan terbaca saat menjadi Universitas. Silahkan Kontak ke Universitas Saudara.

  22. Dewi berkata:

    Kak mw bertanya, dr kita nguris berkas itu. Memakan waktu brpa lama ya,,
    Dan bayar lagi gak.
    Saya udah lulus dan seangkatan sya nim gada dan itu pun kami suruh byr lg 3jt

    • stipas berkata:

      Untuk lama waktunya tergantung dari keaktifan operator pt dan validasi di tingkat kopertis / kopertais / pokja maupun dari dikti. Semua perubahan tanpa biaya.

  23. Risti berkata:

    Sy juga mengalami hal yg sama, pihak kampus sy sdh meminta sy mengirim scan KTP AKTE LAHIR IJAZAH TRANSKIP namun data pada FORLAP DIKTI belum berubah, ini sangat merugikan waktu sy krn sy akan mengurus STR MTKI yg bisa didaftar melalui online. tolong pihak DIKTI segera merubah data dari kampus sy.

  24. Risti berkata:

    Sya jga mau bertnya lagi, apabila nama sya belum di rubah di forlap dikti,apakah saya bisa melalukan registrasi di MTKI untuk pendaftaran STR?

  25. Husnul Nisa berkata:

    Pak bagaimana memperbaharui data di pangkalan dikti. Soalnya tahun di nomor ijazahku salah yang seharusnya 2014 kok yang di ijazah 2004

    • stipas berkata:

      Ajukan ke operator PT yang bersangkutan berikan file scan Ijazah, transkrip nilai, akta kelahiran (apabila juga terdapat kekeliruan penulisan ibu kandung), scan KTP untuk NIK pengusul, dan Kartu keluarga untuk data NIK orang tua.

  26. Santi berkata:

    Gmna ya pak buka tautan http://sigap.ristekdikti.go.id, karena mrka mnta nama pengguna dan psword gtu?
    Termkash

  27. Dhani Yoewana Admaja berkata:

    Kesalahan di data tgl bulan dan tahun lulus saya berbeda jauh dengan aktual nya. Bagaimana prosedur saya untuk bisa memperbaiki nya dan butuh waktu brapa lama? Terimakasih

  28. Eros Rosidah berkata:

    Selamat siang. Pak di data ijazah saya ada kesalahan TTL tapi oleh pihak kampus sudah diperbaiki sekitar satu tahun yang lalu dengan melampirkan semua berkas yang diminta. Nah yang saya akan tanyakan bagaimana cara mengecek apakah data kita sudah di perbaiki atau belum. Apakah saya harus mendatangi lagi ke kampus atau bisa mengecek sendiri? Terima kasih

  29. ABDULLAH berkata:

    Bagai mana cara merubah nama ijazah dg di forlap dikti didak sesuai
    di ijazah ABDULLAH kemudian saya cek di forlap ABDULLAH YAQIn

    • stipas berkata:

      Kesalahan di ijazah atau kesalahan nama di forlap…kalau kesalahan ijazah minta surat keterangan di perguruan tinggi… Tapi kalau kesalahan nama di forlap tinggal berikan scan ijazah, akta kelahiran dan ktp…ketiga tiganya untuk penulisan nama, tempat tanggal lahir harus sama. Kalau ada perbedaan nama atau tempat tanggal lahir lampirkan juga surat keterangan dari dukcapil

  30. Santi berkata:

    Selamat sore…
    Pak, bagaimana data SKS di Dikti tidak sinkron dengan ijazah. Saya alumni tahun 2015. Saya sudah ke PT asal saya, 3 bulan yang lalu, tetapi data perbaikan SKS saya belum juga divalidasi. Sebenarnya bagaimana prosedurnya agar proses validasi untuk perubahan data SKS bisa cepat??
    Mohon infonya
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *