Sambutan Ketua STIPAS Dalam Acara Wisuda Sarjana Tahun 2015

 fransYang mulia Bapak uskup Keuskupan Palangkaraya, Yth. Bapak Pj Gubernur Provinsi Kalteng atau yang mewakili,  Yth. Bapak Walikota Palangkaraya atau yang mewakili, Yth.Dirjen Bimas Katolik Kemenag RI atau yang mewakili, Yth. Bapak Kakanwil Kemenag Provinsi Kal-Teng, Yth. Bapak Kadis P&K atau yang mewakili, Yth. Bapak/ibu Ketua Yayasan Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya, Yth. Bapak/Ibu Dosen dan seluruh sivitas akademika STIPAS, Yth. Keluarga Wisudawan yang berbahagia, Yth. Para Undangan yang kami hormati, Ytk. Para Wisudawan serta mahasiswa/i STIPAS

Salam sejahtera dan berkat Tuhan beserta kita!

Dalam suasana yang bertabur kebahagiaan ini, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah, karena hanya dengan berkat, rahmat dan karunia Nya kita semua dapat hadir pada acara wisuda sarjana S1 STIPAS ke XI dalam keadaan sehat dan bahagia.  Pada kesempatan ini, kami atas nama pimpinan serta seluruh civitas akademika STIPAS mengucapkan SELAMAT kepada seluruh wisudawan atas keberhasilan saudara menyelesaikan studi. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, kami turut bersyukur dan berbahagia serta sekali lagi mengucapkan SELAMAT atas keberhasilan anggota keluarga Bapak/Ibu dan Saudara sekalian.

Pada kesempatan ini pula, kami sampaikan penghargaan dan terima kasih kepada seluruh rekan dosen, tenaga kependidikan, dan seluruh karyawan STIPAS atas segala kerjasama, keikhlasan serta kesungguhannya dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani kebutuhan akademik mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya dan diwisuda pada pagi hari ini.

Para Wisudawan sekalian yang berbahagia,

Dengan bekal ilmu yang saudara peroleh selama ini, saya berharap Saudara-saudara akan mampu bersaing di pasar kerja untuk berkarya di masyarakat. Tantangan yang saudara hadapi di masyarakat sudah barang tentu lebih berat apabila dibandingkan dengan di kampus, sebab persoalan yang dihadapi sangat beraneka ragam. Namun Allah telah menganugerahkan kepada anda, akal, ilmu, kecerdasan dan pengetahuan untuk dapat dimanfaatkan dalam menghadapi tantangan yang ada di masyarakat, yang selanjutnya dapat digunakan sebesar besarnya bagi kesejahteraan umat manusia itu sendiri.

Keberhasilan yang Saudara capai hari ini bukanlah semata-mata milik Saudara karena di balik keberhasilan tersebut, Saudara dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain, yaitu mereka yang secara langsung maupun tidak langsung ikut berkontribusi terhadap keberhasilan Saudara. Dalam hal ini, semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu mandiri berbuat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi sesama dan  lingkungan sekitarnya.

Para hadirin yang saya hormati,

STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya kini telah  berusia 13 tahun. Dalam rentangan usianya itu, STIPAS sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi gerejani telah memberikan warna dan pengaruhnya sebagai sumbangan khasana edukasi iman baik di tingkat nasional mapun lokal.  Hal ini tampak nyata dalam diri 367 lulusan STIPAS dari X angkatan dimana mereka telah mendedikasikan diri sebagai guru, pegawai, Polisi, wiraswasta di belahan nusantara ini. Walaupun demikian, proses pembenahan dan penataan diri terus berlangsung dari waktu ke waktu. Proses pembenahan/penataan itu tampak dalam:

Pertama : Dalam bidang kelembagaan, STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya terus melakukan pembenahan tata kelola perguruan tinggi agar lebih efektif dan efisien, seperti menyempurnakan struktur organisasi sesuai kebutuhan, menempatkan tenaga kependidikan yang sesuai dengan keahliannya, buah dari proses pembenahan adalah Akreditasi B BAN PT 2013.

Kedua : Dalam bidang akademik, STIPAS  terus menerus meningkatkan kualitas dosen dengan mengikutsertakan dosen dalam pelbagai pelatihan tingkat nasional dan pendidikan berjenjang dengan kualifikasi (S2-S3), serta perbaikan kurikulum dan proses belajar mengajar: memasukan beberapa ketrampilan pendukung bagi mahasiswa dalam berkarya seperti  Computer, Bahasa Inggris dan Kewirausahaan (entrepreneurship)  Di samping itu, pada TA 2015/2016 akan merekrut beberapa alumni STIPAS  yang dipandang pontensial untuk dikader sebagai calon pemimpin STIPAS masa depan.

Ketiga : Dalam bidang teknologi, STIPAS sejak tahun 2010 sudah memiliki sistem online yang disebut dengan Sistem Informasi Manajemen Kampus ( disingkat SIMKA) yang sampai sekarang terus dikembangkan secara mandiri sesuai kebutuhan kampus dan terintegrasi dengan PDPT (Pangkalan Data Perguruan Tinggi). SIMKA sampai saat ini sudah berkembang sangat jauh dengan terintegrasinya sub-sistem sub-sistem yang sudah dipakai oleh sivitas akademika dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu: Sistem Informasi Manajemen Akademik Kampus, Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru, e-mail Kampus, Blog Dosen dan Karyawan. Kecuali itu sedang dirancang Sistem Akutansi dan Keuangan STIPAS, Sistim Perpustakaan Online, e-Journal.

Keempat : Dalam bidang sarana/prasarana, dapat dikatakan sangat memadai dengan dibangunnya kampus II yang anggun dan megah ini. Di dalamnya dilengkapi dengan Laboratorium Liturgi, Laboratorium Computer, Ruang Kuliah ( Pastoral/Katekese), dan Aloysiu’s Hall. Setiap ruangan belajar didukung dengan  fasilitas AC, LCD Projector untuk kegiatan pengajaran di kelas.

Semua hal di atas dibangun dan disediakan dengan harapan memberikan rasa aman, nyaman, dan betah bagi para penggunanya dalam proses belajar mengajar  sehingga bisa meningkatkan pemahaman keilmuan yang diperoleh dan menghasilkan lulusan yang berkualitas.

Kepada para wisudawan yang akan meninggalkan kampus tercinta ini, saya menitipkan nama baik almamater. Di manapun saudara berada dan dalam kegiatan apapun jagalah nama baik almamater, dan jangan sampai menodai nama baik almamater sehingga dapat merugikan masyarakat luas. Tingkatkan rasa kebersamaan sesama alumni dan bergabung pada Ikatan Alumni STIPAS Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya.

Khusus kepada orang tua dan anggota keluarga wisudawan, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada STIPAS untuk mendidik dan membimbing anak/istri/suami  selama masa studi di lembaga  ini. Pada kesempatan ini secara resmi tanggung jawab kami mendidik putra-putri Bapak/Ibu telah selesai, dan kami serahkan kembali kepada Bapak / Ibu sekalian.

Hadirin yang saya hormati ,

Pada moment berbahagia ini, izinkan saya mengucapkan limpah terima kasih kepada:

Pemerintah Pusat melalui Ditjen Bimas Katolik Kemenag RI yang secara rutin mengalokasikan dana untuk bantuan sarpras dan operasional pendidikan.  Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah yang turut serta mendukung sarpras pendidikan,  Yayasan Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangkaraya yang memberikan keleluasaan dalam penggunaaan dana operasional pendidikan,  Para donatur yang siap sedia menyokong dan membantu setiap waktu diperlukan, Serta keluarga para dosen, staf dan karywan yang telah mendukung suami/istri mengabdi di lembaga STIPAS.

Karena budi baik para pihak sehingga memungkinkan STIPAS tetap eksis untuk terus bertumbuh, berkembang dan berbuah hingga kini.

Para wisudawan yang berbahagia

Atas nama  unsur pimpinan, dosen, staf  dan karyawan, saya mohon maaf apabila selama membimbing dan melayani saudara terdapat hal-hal yang tidak berkenan di hati. Akhirnya sambutan ini saya tutup dengan sebuah pantun:

Jalan-jalan ke Kota Palangkaraya,

Mampir ke Pasar Kahayan beli durian,

Hari ini kita boleh berbangga,

karena anda semua siap menjadi calon pemimpin Bangsa,

 Selamat jalan, selamat berprestasi, semoga Tuhan selalu memberikan petunjuk dan bimbingan kepada kita semua, amin.

 

Palangkaraya, 17 Oktober 2015

 

Ketua STIPAS