Image of Keluarga Katolik Bertanggung Jawab Dalam Menumbuhkan Panggilan Anak Sebagai Calon Imam, Biarawan-Biarawati Di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya

Text

Keluarga Katolik Bertanggung Jawab Dalam Menumbuhkan Panggilan Anak Sebagai Calon Imam, Biarawan-Biarawati Di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya



ABSTRAK
Yuvenalis. 2014. Keluarga Katolik Bertanggung Jawab Dalam Menumbuhkan Panggilan Anak Sebagai Calon Imam, Biarawan-Biarawati Di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya. Skripsi. Program Pengajaran Di Sekolah, Jurusan Pastoral Kateketik, Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing: P. Dr. Timotius I Ketut Adi Hardana, MSF.
Kata kunci: Tanggung Jawab, Peran Keluarga Katolik, Menumbuhkan Panggilan Anak Menjadi Imam, Biarawan-Biarawati.
Panggilan merupakan sebuah sapaan dan sekaligus sebuah undangan yang agung dan luhur. Ia adalah agung dan luhur karena Allah yang memanggil manusia adalah Agung dan Luhur. Panggilan itu adalah kudus dan sempurna karena Allah yang memanggil setiap insan adalah kudus dan sempurna. Setiap insan diajak untuk mencapai kekudusan dan kesempurnaan melalui tanggapan atas pilihan hidup yang diyakininya adalah sebuah undangan dan ajakan dari Allah sendiri. Panggilan itu bersifat personal dan menjadi hak dasar atas setiap insan diatas muka bumi ini. Oleh karena itu, hendaknya setiap insan menaruh hormat pada masing-masing insan dengan keputusan jalan arah hidup yang dibuat. Kembali lagi pada dasar panggilan itu, apakah manusia menemukan kebahagiaan didalam panggilan itu?
Dalam hidup manusia dihadapkan pada sebuah usaha untuk mencari dan menemukan jalan panggilan yang terbaik dalam hidupnya. Manusia berada dalam sebuah persimpangan jalan dengan berbagai macam jalan yang harus ditentukan dan dijalaninya. Setiap panggilan memerlukan keputusan yang matang dan tentu saja disertai dengan komitmen dan tanggung jawab penuh serta kesungguhan hati dalam menjalain panggilannya itu. Memang tidak mudah untuk menjalani hidup dan panggilan itu akan tetapi jika manusia menemukan kebahagiaan dibalik keputusannya menjalani hidup panggilan itu maka sesungguhnya itulah panggilan sejati yang berasal dari Allah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana umat memaknai dan memahami arti panggilan secara khusus menjadi Imam, Biarawan-Biarawati sebagai sebuah panggilan yang sangat urgen di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya. Selain itu juga untuk mengetahui sejauh mana panggilan menjadi Imam, Biarawan-Biarawati di Paroki Katedral St. Maria Palangka Raya dirasa sebagai sebuah panggilan yang harus diupayakan dalam regenerasi dan promosi. Dalam rangka meneliti masalah pokok diatas, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh di analisa dengan menggunakan metode kualitatif deksriptif melalui teknik analisa data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa para informan mengakui adanya kekurang perhatian secara khusus kepada panggilan menjadi Imam, Biarawan-Biarawati. Selain itu, para informan belum sungguh memahami makna panggilan sebagai Imam, Biarawan-Biarawati. Dibalik itu ada faktor-faktor penyebab sehingga minat anak masuk seminari dan biara-biara semakin kurang salah satunya adalah peran keluarga-keluarga Katolik dalam mendukung panggilan anak menjadi Imam, Biarawan-Biarawati. Selain itu, kehadiran Imam, Biarawan-Biarawati belum dirasa sebagai sebuah “idola” tersendiri bagi anak-anak.
Untuk itulah, melalui penelitian skripsi ini diharapkan keterlibatan seluruh element Gereja Katolik untuk mendukung tumbuh kembangnya panggilan anak menjadi Imam, Biarawan-Biarawati di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya; utamanya adalah peran dan tanggung jawab keluarga-keluarga Katolik dalam menumbuhkan panggilan anak menjadi Imam, Biarawan-Biarawati. Semoga melalui penelitian ini, seluruh Umat Katolik di Paroki Katedral St. Maria Keuskupan Palangka Raya semakin menyadari akan betapa pentingnya menumbuhkan panggilan anak menjadi Imam, Biarawan-Biarawati.


Ketersediaan

IK 2009 025skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this