Image of Makna Komunikasi Suami Istri Dalam Mewujudkan Keluarga Katolik Bahagia Di Lingkungan St. Fransiskus Xaverius Paroki Katedral St. Maria Palangkaraya.

Text

Makna Komunikasi Suami Istri Dalam Mewujudkan Keluarga Katolik Bahagia Di Lingkungan St. Fransiskus Xaverius Paroki Katedral St. Maria Palangkaraya.



Abstrak
Yunitanti Nuris. IK 2014. Makna Komunikasi Suami Istri Dalam Mewujudkan Keluarga Katolik Bahagia Di Lingkungan St. Fransiskus Xaverius Paroki Katedral St. Maria Palangkaraya. Skripsi. Program Pengajaran Agama Katolik Di Sekolah. Jurusan Pastoral Kateketik. Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing : Dr. Josef Dudi, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman keluarga di lingkungan St. Fransiskus Xaverius akan makna komunikasi suami sebagai salah satu faktor dalam mewujudkan keluarga Katolik bahagia. Tidak hanya itu, penelitian ini juga bertujuan untuk membantu suami istri lingkungan Fransiskus Xaverius memahami faktor pendukung dan faktor penghambat terjadinya komunikasi antara suami dan istri, supaya dengan begitu suami istri lingkungan St. Fransiskus Xaverius semakin dibantu untuk memahami makna komunikasi suami istri yang sesungguhnya dan dengan itu mengusahakan bagaimana membina komunikasi yang baik.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif yang perhatiannya lebih mengarahkan pada fenomena yang terjadi di lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan, keluarga di lingkungan Fransiskus Xaverius sungguh mengakui peranan komunikasi suami istri dalam keluarga sebagai faktor perwujudan keluarga Katolik bahagia. Meski pun demikian, di lingkungan St. Fransiskus Xaverius bukan berarti keluarga rukun, aman, dan sejahtera semua karena tak dapat dihindari konflik dalam keluarga itu pasti selalu terjadi. Dalam kenyataan sehari-hari masih banyak hal yang menjadi penghambat relasi komunikasi tersebut baik karena perbedaan budaya, tempat tinggal, agama dan karakter. Untuk itu, keluarga perlu mengusahakan komunikasi suami istri harus tetap dibina dan disesuaikan agar komunikasi suami istri itu menjadi sesuatu hal yang membahagiakan. Dan cinta kasih diantara suami istri dari waktu ke waktu semakin dibaharui.


Ketersediaan

IK 2010 052skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this