Image of Peran Katekis Dalam Mendampingi Keluarga Katolik Di Paroki Santo Petrus Dan Paulus Ampah

Text

Peran Katekis Dalam Mendampingi Keluarga Katolik Di Paroki Santo Petrus Dan Paulus Ampah



ABSTRAK
Yohanes. 2014. Peran Katekis Dalam Mendampingi Keluarga Katolik Di Paroki Santo Petrus Dan Paulus Ampah. Skripsi. Program Pengajaran Di Sekolah, Jurusan Pastoral Kateketik, Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing Dr. Josef Dudi, M. Si.
Penulisan Skripsi ini bertolak dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi para keluarga yang berkaitan dengan peran katekis dalam memberikan pendampingan kepada para keluarga Katolik. peranan katekis dalam mendampingi keluarga Katolik sangat diperlukan karena melalui pendampingan keluarga katolik dapat dibina dengan sebaik mungkin, di samping itu untuk menumbuhkan iman didalam diri sendiri. Katekis sangat diharapkan agar mampu membantu para keluarga untuk mempersiapakan jalan untuk membangun keluarga katolik yang harmonis.
Skripsi ini berjudul “PERAN KATEKIS DALAM MENDAMPINGI KELUARGA KATOLIK DI PAROKI ST. PETRUS DAN PAULUS AMPAH” bertujuan untuk membantu para keluarga untuk lebih memahami tentang makna perkawinan keluarga Katolik yang sesungguhnya sehingga menjadi keluarga Katolik yang harmonis dan bahagia.
Dalam rangka analisis masalah penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatf dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan metode deskriptip kualitatif melalui analisa data.
Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan bahwa sebagian katekis di Paroki St. Petrus daan Paulus Ampah mengatakan bahwa peran katekis sangatlah penting terutama dalam memberikan pendampingan secara langsung kepada para keluarga untuk dapat memahami dan memaknai arti perkawinan dalam gereja Katolik. Perkawinan gereja Katolik adalah perkawinan yang tak terceraikan. Sebagai seorang katekis diharapkan mampu mengemban tugas dan tanggung jawabnya untuk membantu umat yang akan mempersiapkan diri untuk hidup berkeluarga, terutama lewat bimbingan, katekese keluarga, dan kursus persiapan perkawinan. Penelitian ini bertujuan agar para katekis menjalankan tugasnya dengan sebaik mungkin.


Ketersediaan

IK 2010 046skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this