Image of Makna Nyanyian Bagi Umat di Stasi Sta. Maria Imaculata Palu Rejo

Text

Makna Nyanyian Bagi Umat di Stasi Sta. Maria Imaculata Palu Rejo



ABSTRAK
Yohana Agustina Vivianti Lamen. IK 2010 045/10.6421.0276. R Makna Nyanyian Bagi Umat di Stasi Sta. Maria Imaculata Palu Rejo. Jurusan Pastoral Kateketik. Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing: Drs. Wilhelmus Y. Ndoa. M.Pd.
Minimnya pengetahuan umat tentang makna nyanyian liturgi yang merupakan hal penting dalam gereja hal ini terjadi karena sosialisasi yang tidak pernah dilakukan pastor, pengurus gereja maupun para katekis yang ada di stasi ini. Para petugas gereja dan segala rekannya tidak ada yang bekerja, meskipun mereka juga telah melihat dan mengalami sendiri terjadinya kesalahan jika menyanyikan salah satu lagu apa lagi lagu yang belum mereka kuasai. Inilah yang dikatakan bahwa minimnya pengetahuan umat tentang makna nyanyian. Jika mereka telah mengetahui maknanya maka mereka akan dengan sungguh-sungguh berlatih dan mempersiapkan lagu apa yang akan dibawakan pada saat kegiatan atau perayaan di laksanakan, agar tidak terjadi kesalahan yang sama lagi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana umat memahami makna nyanyian liturgi selama ini, karena yang penulis ketahui selama ini belum ada yang namanya pelatihan khusus bagi umat tentang nyanyian. Tentang bagaimana harga not dari setiap lagu yang akan di nyanyikan. Apa lagi sekarang ada suster-suster konggregasi RVM yang mendampingi umat setiap hari dan semua kegiatan.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan akan dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teori umat masih kurang memahami akan makna nyanyian liturgi, namun dalam praktek selama ini yang ditampilkan udah baik dan mulai ada keseimbangan dengan keadaan umatnya. Karena ada beberapa umat yang sudah paham tentang nyanyian liturgi dan harga not yang digunakan dari setiap lagu. Hal ini yang akan membuat pendampingan para pengurus dan para suster mampu membuat sesuatu perubahan bagi umat di Stasi Sta. Maria Imaculata ini.
Untuk itu umat perlu mendapat pembinaan dan pendampingan khusus yang lebih efektif dan efisien guna meningkatkan penghayatan umat akan makna nyanyian liturgi dengan mengadakan atau menyusun suatu program katekese umat yang harus dilaksanakan secara jelas pasti. Sehingga kehidupan beriman umat dapat bertumbuh dan berkembang sesuai dengan apa yang kita harapkan.


Ketersediaan

IK 2010 045skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this