Image of Organisasi OMK Sebagai Wadah Kaderisasi Bagi Kaum Muda di Paroki Santo Paulus Buntok

Text

Organisasi OMK Sebagai Wadah Kaderisasi Bagi Kaum Muda di Paroki Santo Paulus Buntok



Yemrinsius Ngaga. 2014. Organisasi OMK Sebagai Wadah Kaderisasi Bagi Kaum Muda di Paroki Santo Paulus Buntok. Skripsi. Program Pengajaran di Sekolah Jurusan Pastoral Kateketik, Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangkaraya. Pembimbing: P.Fransiskus Janu Hamu, Pr. SS. M.Sc. Ed.
Berdasarkan permasalahan yang penulis lihat, bahwa Organisasi OMK Buntok sangatlah minim keaktifan, pemahaman, serta perannya dalam kegiatan berorganisasi dan kegiatan menggereja, maka penulis mengadakan penelitian dengan mengangkat sebuah judul Organisasi OMK Sebagai Wadah Kaderisasi Kaum Muda di Paroki Santo Paulus Buntok. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman OMK Paroki Buntok akan pentingnya organisasi OMK di Paroki Buntok, untuk mengetahui pemahaman orang muda Katolik Paroki Buntok bahwa organisasi OMK St.Paulus Buntok merupakan salah satu wadah kaderisasi, untuk mengetahui bagaimana keaktifan Orang Muda Katolik dalam organisasi OMK sehingga proses kaderiasasi dapat terlaksana dengan baik dan efisien, untuk mengetahui jenis metode atau cara yang tepat untuk mengefektifkan kegiatan OMK di Buntok. Sehingga penulisan ini dapat memberikan sumbangan positif bagi reksa pastoral Orang Muda Katolik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan kualitatif melalui teknnik analisa data. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif, meneliti informan sebagai subyek penelitian dalam lingkungan hidup kesehariannya.
Dalam melakukan penelitian ini, penulis memilih sembilan orang muda Katolik yang masih aktif dalam kegiatan menggereja dan berorganisasi dalam organisasi OMK, serta satu orang Pastor Pendamping OMK se-Unnio Ampah sebagai objek penelitian penulisan. Sedangkan yang menjadi lokasi atau tempat penelitian adalah Paroki St.Paulus Buntok.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tidak semua orang muda Katolik yang ada di Paroki St.Paulus Buntok terlibat aktif dalam kegiatan berorganisasi dan kegiatan mengumat lainnya. Akan tetapi ada beberapa orang muda yang berada di Paroki menyadari betapa pentingnya organisasi OMK yang ada di Paroki Buntok sebagai tempat bagi mereka untuk belajar, singkatnya mereka sungguh menyadari bahwa organisasi OMK merupakan sebuah organisasi yang ideal untuk dijadikan wadah pengkaderan. Kesimpulan yang penulis peroleh bahwa belum semua OMK Buntok ikut aktif dalam organisasi OMK Paroki St.Paulus Buntok. Untuk itu penulis menawarkan sebuah kegiatan yang penulis akan lakukan, dengan mengadakan kerjasama dengan para katekis dan guru-guru yang beragama Katolik di Paroki Buntok untuk mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang ada dalam organisasi OMK. Secara riilnya, kegiatan itu akan dilaksanakan pada akhir Desember 2014, yang akan dikemas dalam sebuah Ekaristi Kaum Muda Se-Paroki Buntok. Pada akhirnya penulis berharap melalui terobosan ini, OMK semakin menyadari akan pentingnya mengikuti kegiatan menggereja dan pentingnya melibatkan diri dalam organisasi OMK di Paroki Buntok.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this