Image of Semangat Santa Teresa dari Avila sebagai Motivator bagi Kaum Muda di Stasi Santo Thomas Paroki Raja Semesta Alam Nanga Bulik dalam Menanggapi panggilan Hidup Menjadi Biarawati

Text

Semangat Santa Teresa dari Avila sebagai Motivator bagi Kaum Muda di Stasi Santo Thomas Paroki Raja Semesta Alam Nanga Bulik dalam Menanggapi panggilan Hidup Menjadi Biarawati



ABSTRAK
Theresia Wae Mau. Semangat Santa Teresa dari Avila sebagai Motivator bagi Kaum Muda di Stasi Santo Thomas Paroki Raja Semesta Alam Nanga Bulik dalam Menanggapi panggilan Hidup Menjadi Biarawati. Skripsi. Program Pengajaran Agama di Sekolah. Jurusan Pastoral Katekatik. Sekolah Tinggi Pastoral“Tahasak DanumPambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing: Silvester Adinuhgra, S.S, M. Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi kaum muda di Stasi Santo Thomas Paroki Raja Semesta Alam Nanga Bulik dalam menanggapi panggilan hidup menjadi biarawati, melalui Semangat Santa Teresa dari Avila sebagai Motivator.Banyak umat mengeluh dengan pemikiran para kaum muda yang menganggap bahwa menjadi seorang biarawatimerupakan persoalan yang sangat sulit untuk dihadapi, dengan alasannya hidup menjadi biarawati membosankan, tidak bebas dan beban bagi mereka. Ini disebabkan oleh: pertama lemahnya pemahaman tentang panggilan hidup biarawati. Kedua kurangnya katekese baik dari para biarawati sendiri maupun katekis setempat.
Inilah yang menjadi kendala bagi kaum muda, meskipun dalam hati ada niat atau pun motivasi tetapi dorongan ataupun semangat dari pihak yang dianggap mampu untuk menjadi pendorong itu tidak ada maka niat ataupun semangat itu akan menjadi pudar dan hilang seketika.Maka disisi lain seorang motivator itu sangat penting bagi kaum muda. Untuk menumbuhkan semangat mereka khusunya dalam menanggapi panggilan hidup menjadi biarawati. Seorang Motivator yang cocok adalah SantaTeresa dari Avila. Semangat santa Teresa bisa membantu kaum muda untuk menanggapi panggilan hidup menjadi biarawati. Karena dilihat dari semangat yang luar biasa ditunjukan oleh Teresa bagaimana Teresa sangat semangat dalam panggilan hidup membiara.Meskipun Teresa harus bekerja keras untuk membentuk diri ketaraf kedewasaan tetapi hasilnya bermanfaat Teresa menjadi seorang pujangga gereja dan orang kudus. Tujuan supaya kaum muda dapat termotivasi dengan panggilan hidup biarawati melalui semangat santa Teresa sebagai motivator.
Metode yang dipergunakan dalam proses penelitian ini adalah metodekualitif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan, wawancara, dan observasi.
Kesimpulan dari penelitian yakni motivasi dalam menaggapi panggilan hidup menjadi biarawati sangat kurang dalam diri kaum muda khususnya yang ada di Stasi Santo Thomas Toka Paroki Semesta Alam Nanga Bulik. Kaum muda merasa bahwa menjadiseorang biarawati itu susah dan berat bila di jalankan. Untuk itu perlu katekese dan penjelasan dari para biarawati dan katekis setempat. Supaya kaum muda mengerti dan termotivasi dalam panggilan hidup menjadi biarawati.
Berdasarkan apa yang ditemukan, penelitian ini adalah membantu gereja dalam pelayanan di Paroki ataupun diStasi untuk meperdaya pemahaman para kaum muda tentang panggilan hidup biarawati. Dan keluahan dari kaum muda diatas maka adanya kerja sama antara para biarawati dan pastor paroki untuk mengadakan turne dan memberikan katekese seputar pengertian menjadi seorang biarawati dan memberikan dorongan supaya kaum muda dapatmenanggapi panggila. Meskipun hanya di sampaikan pada saat khotbah. Khotbah yang menarik bisa mendorong serta memotivasi para kaum muda.
Pembinaan bagi para rasul awam terutama katekis sudah merupakan tuntutan yang mutlak bagi Gereja, demi peningkatan mutu atau kualitas para rasul awam dan pembaharuan diri dalam pelayanan dan pewartaannya. Dalam menjalani hidupnya para katekis harus dibina sesuai dengan kesatuan hidup sebagai anggota gereja dan warga masyarakat. Katekis harus supaya biasa mempertanggung jawabkan semua kegiata selama berada bersama umat. Katekis harus memperhatika umat dan kaum muda.


Ketersediaan

IK 2010 039skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this