Image of Peran Petugas Pastoral Bagi Pertumbuhan Iman Anak yang Mengalami Kekerasan Dalam Keluarga di Paroki Stella Maris Sungai Danau

Text

Peran Petugas Pastoral Bagi Pertumbuhan Iman Anak yang Mengalami Kekerasan Dalam Keluarga di Paroki Stella Maris Sungai Danau



ABSTRAK
Feneranda Moi Meo 2014. Peran Petugas Pastoral Bagi Pertumbuhan Iman Anak yang Mengalami Kekerasan Dalam Keluarga di Paroki Stella Maris Sungai Danau. Skripsi. Program Pengajaran di Sekolah Jurusan Pastoral Kateketik, SekolahTinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing : P. Fransiskus Janu Hamu, Pr. SS. M.Sc. Ed
Tujuan penelitian ini sesuai dengan latarbelakang masalah yaitu peran petugas pastoral bagi iman anak yang mengalami kekerasan dalam keluarga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, observasi dan wawancara. Data yang diperoleh di analisa dengan menggunakan kualitatif melalui teknik analisa data.
Dari hasil penelitian menunjukan bahwa, peran petugas pastoral dalam membantu pertumbuhan iman anak untuk mengenal Allah sebagai Bapak yang berbelas kasih masih sangat di perlukan. Petugas pastoral membantu anak untuk mengenal Allah sehingga tekanan dan traumatis yang terpendam dalam hati diringankan dan dibebaskan.
Skripsi dengan judul “PERAN PETUGAS PASTORAL BAGI PERTUMBUHAN IMAN ANAK YANG MENGALAMI KEKERASAN DALAM KELUARGA DI PAROKI STELLA MARIS SUNGAI DANAU’ bertujuan membantu membina iman anak yang mengalami kekerasan dalam keluarga.
Dalam rangka analisis masalah penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan metode fenmenologi ini, penulis berusaha menganalisis dan memaknai pengalaman informan yang berkaitan dengan pembinaan iman anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan teknik wawancara. Data dianalisis dengan pola analisis deskriptif fenomenologis.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada sebagian keluarga-keluarga yang tidak bisa membina iman anak dengan baik karena konflik keluarga yang terus menerus. Selain itu masih banyak tokoh umat atau petugas pastoral masih belum berperan untuk membantu menumbuhkan iman anak yang mengalami masalah dan penyembuhan luka batin.


Ketersediaan

IK 2010 038skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this