Image of Kerusakan Ekologi dan Implikasi Pastoral Bagi Umat di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing.

Text

Kerusakan Ekologi dan Implikasi Pastoral Bagi Umat di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing.



ABSTRAK
SETIAJI. 2014. Kerusakan Ekologi dan Implikasi Pastoral Bagi Umat di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing. Skripsi. Jurusan Kateketik Pastoral. Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing: P. Fransiskus De Sales Lake, SVD. S.S. M. Hum.
Penulisan skripsi ini bertolak dari permasalahan yang dihadapi oleh umat/masyarakat berkaitan dengan kerusakan ekologi yang terjadi di daerah aliran sungai Rungan dan Manuhing. Maka, selain permasalahan dan tujuan penulisan ini dipaparkan, beberapa teori yang mendasari studi ini juga dikaji. Teori-teori yang dimuat dalam skripsi ini tentunya berkaitan dengan arti dan pentingnya ekologi bagi keseimbangan dunia dan segala isinya serta bagaimana sikap profetis Gereja Katolik dalam mempertahankan keutuhan ciptaan Tuhan.
Skripsi dengan judul “KERUSAKAN EKOLOGI DAN IMPLIKASI PASTORAL BAGI UMAT DI PAROKI SANTA THERESIA RUNGAN MANUHING” bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar kepada umat/masyarakat tentang pentingnya ekologi bagi keberlangsungan kehidupan terutama bagi manusia.
Dalam rangka menganalisis masalah penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dengan menggunakan metode fenomenologi ini, penulis berusaha menganalisis pengalaman para informan dalam kaitannya dengan ekologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara. Data dianalisis dengan pola analisis deskriptif fenomenologis.
Dari hasil penelitian ini, penulis menemukan hampir seluruh informan yang menjadi representasi dari seluruh umat/masyarakat di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing mengungkapkan bahwa mereka telah mengalami penderitaan yang berarti karena kerusakan ekologi. Hal itu disebabkan karena ekologi adalah bagian penting yang menjadi penopang kehidupan terutama bagi manusia. Jika ekologi berada dalam keadaan yang rusak maka manusia juga akan mengalami dampak negatifnya.
Melihat dampak buruk dari kerusakan ekologi ini, Gereja sebagai tanda dan sarana keselamatan harus semakin giat dalam menggalakkan pastoral ekologi untuk melestarikan keutuhan ciptaan. Sebab, di dalam dunia yang satu dan sama ini adalah tempat dimana manusia boleh mengalami kenyamanan, kesejahteraan, dan keselamatan hidup dalam Allah.


Ketersediaan

IK 2010 036skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this