Image of Makna Simbolik Batang Garing Dalam Budaya Dayak Ngaju Dan Relevansinya Dengan Yesus Sebagai Pokok Anggur

Text

Makna Simbolik Batang Garing Dalam Budaya Dayak Ngaju Dan Relevansinya Dengan Yesus Sebagai Pokok Anggur



ABSTRAK
Seseliana Ga’a. IK 2010 035.2014. “Makna Simbolik Batang Garing Dalam Budaya Dayak Ngaju Dan Relevansinya Dengan Yesus Sebagai Pokok Anggur. Skripsi Program Agama di Sekolah. Jurusan Pastoral Kateketik”. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing P. Fransiskus Janu Hamu, Pr. SS.M.Sc.Ed
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman umat Katolik di Paroki Yesus Gembala Baik tepatnya di Stasi Santo Petrus, Petuk Liti tentang Makna Simbolik Batang Garing Dalam Budaya Dayak Ngaju Dan Relevansinya Dengan Yesus Sebagai Pokok Angur. Melalui studi ini umat diharapkan agar dapat lebih mudah memahami serta mengenal Yesus melalui budaya inkulturasi.
Metode yang digunakan dalam proses penelitian adalah metode pendekatan Natural Approach atau yang akrab disebut dengan penelitian kualitatif. Adapun langkah-langkah penelitian yang digunakan yakni : percakapan dengan informan, profil informan, penentuan tema, refleksi, implikasi, sintesis, prospek atau kemungkinan yang akan terjadi.
Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan oleh peneliti, menyatakan bahwa umat masih kurang memahami serta menghayati akan makna simbol budaya Batang Garing dalam relevansinya dengan Yesus Kristus sebagai pokok anggur. Hal ini ditunjukan dalam kenyataan semangat kehidupan menggereja umat yang masih sangat minim, untuk itu perlu adanya usaha serta langkah-langkah yang dilakukan untuk memecahkan permasalahan dengan mengadakan katekese yang berkaitan dengan permasalahan yang ada secara kontekstual. Setidaknya dengan adanya katekese maka akan terjadi suatu perubahan sehingga umat tidak hanya melihat simbol Batang Garing yang telah terukir di bagian belakang altar hanya sebatas hiasan saja, tetapi lebih dari itu menghayati serta memaknainya dalam pandangan iman Katolik.


Ketersediaan

IK 2010 035skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit KANISIUS : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this