No image available for this title

Text

PENDALAMAN IMAN SEBAGAI SALAH SATU MODEL KATEKESE DALAM PENGEMBANGAN IMAN UMAT DI PAROKI SANTA MARIA DE LA SALETTE MUARA TEWEH



ABSTRAK

Tetty Rosalina Silalahi 2015. “Pendalaman Iman Sebagai Salah Satu Model Katekese Dalam Pengembangan Iman Umat Di Paroki Santa Maria De La Salette Muara Teweh” Skripsi. Program Pengajaran Agama di Sekolah. Jurusan Pastoral Kateketik. Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palangka Raya. Pembimbing: P. Fransiskus Janu Hamu, Pr. SS.M.Sc.Ed

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pemahaman umat Katolik di Paroki Santa Maria De La Salette Muara Teweh tentang strategi katekese sebagai pengembangan iman umat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan menggereja. Pendalaman iman adalah salah satu strategi katekese untuk mengembangkan iman umat agar dapat menyadari hak dan kewajiban sebagai orang beriman Katolik. Studi ini dapat menjadi pedoman bagi seluruh anggota Gereja dalam memahami dan menghayati iman yang dimilikinya.
Metode yang digunakan dalam proses penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologikal. Langkah-langkah penelitian yang digunakan yakni: percakapan dengan informan, profil informan, penentuan tema, refleksi, implikasi, sintesis, prospek atau kemungkinan yang akan terjadi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sebagian umat masih belum memahami pentingnya terlibat aktif dalam salah satu strategi katekese yang telah dilaksanakan melalui pendalaman iman. Hal ini ditunjukan dalam presentasi kehadiran umat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan menggereja. Lebih lanjut penelitian ini menemukan bahwa salah satu cara yang ditempuh untuk menyadarkan umat agar berpartisipasi aktif dalam kegiatan menggereja adalah dengan menghidupkan kembali strategi katekese yang telah ada seperti Persekutuan Doa Karismatik Katolik, Legio Maria, Rekoleksi, Retret, Pendalaman Iman, Komka, Misdinar dan Sekami. Sehingga strategi katekese tersebut dapat meningkatkan kesadaran umat akan iman Katolik yang dimilikinya. Untuk itu perlu adanya usaha dalam sebuah kegiatan yang berkelanjutan sehubungan dengan strategi katekese yang terjadi dalam pola pikir umat tentang pentingnya iman umat agar dapat semakin bertumbuh dan berkembang dalam iman di Paroki Santa Maria De La Salette Muara Teweh.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Skripsi
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2015
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this