No image available for this title

Text

FILOSOFI RUMAH BETANG SEBAGAI PEREKAT RELASI ANTARA UMAT KATOLIK DENGAN UMAT BERAGAMA LAIN DI PAROKI SANTA THERESIA RUNGAN MANUHING



ABSTRAK

Natalia Magdalena. IK 2011 034. Filosofi Rumah Betang Sebagai Perekat Relasi Antara Umat Katolik Dengan Umat Beragama Lain Di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing. Skripsi. Program pengajaran agama di sekolah. Jurusan pastoral kataketik. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Araya. Pembimbing: P. Fransiskus Janu Hamu, Pr, SS, MSc. Ed.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman masyarakat Dayak pada umumnya dan umat Katolik di Paroki Santa Theresia Rungan Manuhing tentang Filosofi Rumah Betang. Studi ini dapat menjadi pedoman bagi umat beragama khususnya Gereja Katolik dalam memahami dan menghayati kebudayaan Rumah Betang dalam kehidupan beragama dan bermasyarakat.
Metode yang digunakan dalam proses penelitian adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan penelitian yang digunakan adalah percakapan dengan informan, profil informan, penentuan tema, refleksi, impilkasi, sintesis, prospek ke depan atau kemungkinan yang akan terjadi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa relasi antar agama kurang terjalin dengan baik hal ini ditujukan dengan kurangnya sikap persatuan antara pemeluk agama yang sebenarnya sejak dahulu begitu dijunjung tinggi oleh masyarakat suku Dayak, selain itu juga karena masih dangkalnya pemahaman umat beragama tentang nilai-nilai dari ajaran iman yang semestinya membentuk karakter atau pribadi yang bermartabat dan mencitai damai.
Kurangnya persatuan dan pemahaman iman umat beragama ini karena kurangnya upaya untuk menanamkan penghayatan akan nilai keagamaan dan kebudayaan setempat terutama filosofi Rumah Betang yang merupakan jantung kehidupan sosial yang sedari dulu sangat dijunjung tinggi pada generasi sekarang ini. Berkaitan dengan situasi dan kondisi tersebut maka penulis mengangkat kembali nilai dari filosofi Rumah Betang sebagai suatu jempatan penghubung relasi yang baik antar agama umat Katolik dan agama-agama lain sekaligus untuk melestarikan budaya Rumah Betang agar tetap hidup.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
Skripsi
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2015
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this