Image of Partisipasi Petugas Pastoral Awam dalam Tugas Kenabian di Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya.

Text

Partisipasi Petugas Pastoral Awam dalam Tugas Kenabian di Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya.



ABSTRAK
Mela Nopita. IK. 2010. 027. 2014. Partisipasi Petugas Pastoral Awam dalam Tugas Kenabian di Paroki Katedral Santa Maria Palangka Raya. Skripsi. Program Pengajaran Agama Katolik Di Sekolah. Jurusan Pastoral Kateketik. Sekolah Tinggi Pastoral “Tahasak Danum Pambelum” Keuskupan Palanga Raya. Pembimbing : Drs.Wilhelmus Y. Ndoa, M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi petugas pastoral awam dalam tugas kenabian, untuk memberi sumbangan dalam karya kerasulan bagi para petugas pastoral awam dan membantu petugas pastoral untuk menyadari pentingnya peran petugas pastoral dan kerjasama hirarki dan awam dalam karya kerasulan di Paroki Katedral Sta. Maria Palangka Raya.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara teori petugas pastoral memahami peran, tugas dan tanggungjawab mereka sebagai petugas pastoral dalam melaksanakan tugas kenabian, namun dalam praktek hidup yang ditampilkan terjadi ketidakseimbangan. Karena ada beberapa petugas pastoral yang kurang aktif berpartisipasi dalam tugas kenabian baik di Gereja maupun di lingkungan-lingkungan. Kurangnya partisipasi petugas pastoral awam telah mempengaruhi kehidupan iman umat. Umat kurang mendapat pembinaan dan pendampingan dari para petugas pastoral. Selain itu, sebagian besar petugas pastoral awam yang kurang aktif berpartisipasi mengalami berbagai masalah diantaranya adalah kurangnya komunikasi dengan hirarki maupun rekan kerja para petugas pastoral awam.
Secara prinsip seorang nabi dapat didefinisikan sebagai seseorang yang mewartakan kebenaran dari Allah yang dapat menyangkut hal-hal yang berkaitan dengan masa depan dan juga memberitakan kebenaran Allah lewat pengajaran. Hal ini dapat kita lihat bagaimana Tuhan berbicara dengan perantaraan para nabi untuk memberitakan kedatangan Sang Mesias. Karena Kristus sendiri yang mendirikan Gereja Katolik, maka tiga tugas Kristus sebagai imam, nabi dan raja harus dijalankan oleh pewaris Gereja masa kini. Sebagai anggota Gereja, harus terus mewartakan kebenaran Kristus, mewariskan harta pusaka kebenaran ini dari satu generasi ke generasi secara murni.
Petugas pastoral pada umumnya perlu mendapat pembinaan atau pembekalan berkaitan dengan pewartaan, menyiapkan mental sebelum terjun ke lapangan serta menciptakan metode baru yang menarik dalam pewartaan. Menjalin kerjasama yang baik antara para petugas pastoral, sehingga pewartaan dapat terealisasi dengan baik. Memang setiap petugas pastoral memiliki ciri khas masing-masing dalam menyampaikan pewartaan, namun hal tersebut tidaklah menjadi alasan untuk tidak mewartakan Kabar Gembira. Pewartaan harus tetap disampaikan dengan baik sehingga dapat diterima oleh umat. Oleh sebab itu para petugas pastoral berpartisipasi dalam berbagai kegiatan kenabian atau pewartaan dimana pun mereka berada, menjadi saksi Kristus yang hidup dalam cinta kasih. Dengan berpartisipasi maka para petugas pastoral dapat masuk dalam situasi hidup yang nyata serta tahu masalah yang dihadapi umat, menemukan metode baru untuk melaksanakan pewartaan.


Ketersediaan

IK 2010. 027skripsiMy LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
skripsi
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
skripsi
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2014
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this