Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Pendidikan Agama Katolik Sebagai Sarana Pendewasaan Iman Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Santo Paulus Kuala Kapuas
ABSTRAK
Fransiska Veri. 2017. Pendidikan Agama Katolik Sebagai Sarana Pendewasaan Iman Siswa Di Sekolah Menengah Pertama Santo Paulus Kuala Kapuas. Program Studi Pendidikan Dan Pengajaran Agama Katolik. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danun Pambelum Keuskupan Palangkaraya.
Pembimbing: Fransiskus Janu Hamu,SS,MSc.Ed
Penelitian dan penulisan Skripsi ini memiliki tujuan untuk mengetahui sejauh mana pendidikan Agama Katolik sebagai sarana pendewasaan iman siswa di SMP Santo Paulus Kuala Kapuas, Untuk mengtahui sejauh mana pertumbuhan iman anak-anak didik di SMP Santo Paulus Kuala Kapuas dan juga untuk mengtahui sejauh mana pendidikan agama Katolik berperan dalam pendewasaan iman siswa.
Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data mengunakan studi pustaka , observasi , wawancara ,dokumentasi dan triangulasi.
Hasil penelitian secara garis besar di simpulkan dalam bentuk prensentasi, analisa dan interpretasi data. Langkah- langkah proses penelitian tersebut meliputi percakapan dengan informan , profil informan, penentuan tema, wawasan aplikasi ,sintesis ,prospek atau kemungkinan akan terjadi. Pada akhirnya, dari penelitian yang telah dilaksanakan, peneliti menemukan sebuah realita bahwa pendidikan Agama Katolik yang telah dilakukan selama ini di sekolah menengah pertama Santo Paulus Kuala Kapuas masih mengalami kekurangan pada berapa aspek sehinggga membuat hasil dari pendidikan itu tidak maksimal . Sementara kemampuan peserta didik dalam hidup beriman semakin mendesak pada zaman sekarang yang ditengarai oleh adanya arus globalisasi. Kemajuan pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang media, yang menyertai arus globalisasi membawa banyak perubahan, termasuk perubahan nilai, baik yang konstruktif maupun destruktif. menghadapi tawaran yang mengandung pelbagai macam nilai itu siswa harus dibekali dan memiliki iman sehingga ia bisa mempertanggungjawabkan imannya seiring dengan perkembangan dan setiap permasalah dari waktu kewaktu . Pendidikan agama dan pendidikan umum saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan, dari mulai tingkat Pendidikan Dasar hingga ke tingkat Pendidikan Tinggi. Jika demikian maka kita akan menemukan sebuah jawaban mendasar bahwa ternyata pendidikan agama memiliki kedudukan istimewa dalam proses persiapan peserta didik .
Kata Kunci : (1) Pendidikan Agama Katolik ( 2) Sarana Pendewasaan (3) Iman Siswa
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
SKRIPSI
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | : ., 2017 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
2017
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain