No image available for this title

Text

Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Interaksi Belajar-Mengajar Di SMA Negeri I Murung Paroki Santo Klemens, Puruk Cahu



ABSTRAK

Supiaty. 2016. Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Interaksi Belajar-Mengajar Di SMA Negeri I Murung Paroki Santo Klemens, Puruk Cahu. Skripsi. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya.
Pembimbing Timotius Tote Jelahu, S. Fil, M. Th
Kata kunci: kompetensi kepribadian dan interaksi belajar-mengajar

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Interaksi belajar-mengajar di SMA Negeri I Murung. Studi ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi calon guru agama dan guru agama dalam menghayati kompetensi kepribadian sebagai guru agama interaksi belajar-mengajar di sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yakni: percakapan dengan informan, profil informan, refleksi, implikasi, sintesis, prospek atau kemungkinan yang akan terjadi.
Hasil dari penilitian menunjukan bahwa guru agama di SMA Negeri I Murung cukup memahami kompetensi kepribadian seorang guru dan juga sudah melaksanakan tugas mengajar dengan baik. Namun, belum terlihat secara penuh bahwa kompetensi kepribadian dihidupkan. Hal ini terlihat dari kinerja guru dan juga peserta didik. Masalah yang dihadapi di SMAN I Murung adalah kesulitan membagi waktu dan kurang tenaga pendidik guru agama Katolik. Kompetensi kepribadian itu adalah guru yang sungguh-sungguh disiplin, tepat waktu, tanggap, arif, berwibawa, mantap, stabil dan bijak sana dalam mengatasi segala sesuatu, serta mampu menjadi teladan bagi peserta didik.
Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan, adalah guru agama sudah memahami mengenai kompetensi kepribadian, tetapi pelaksanaannya masih belum sepenuhnya sehingga perlu meningkatkan profesionalitas, kreativitas, serta kemampuan personal yang berkompeten sehingga dengan itu guru mampu mencitptakan interaksi belajar-mengajar yang sungguh efektif.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
SKRIPSI
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
2016
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this