Detail Cantuman
Advanced Search
Text
Peranan Guru Katolik Dalam Menumbuhkembangkan Nilai-Nilai Katolisitas di Sekolah Menengah Atas Katolik Santo Petrus Kanisius Palangka Raya
ABSTRAK
Yulita Delima. 2015. Peranan Guru Katolik Dalam Menumbuhkembangkan Nilai-Nilai Katolisitas di Sekolah Menengah Atas Katolik Santo Petrus Kanisius Palangka Raya. Skripsi Jurusan Katekese Pastoral. Sekolah Tinggi Pastoral Tahasak Danum Pambelum Keuskupan Palangka Raya. Dosen Pembimbing : Dr. Josef Dudi, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan guru Katolik dalam menumbuhkembangkan nilai-nilai katolisitas di SMA Katolik St. Petrus Kanisius Palangka Raya dalam meningkatkan dan pengembangan kepribadian siswa sesuai dengan tujuan khusus sekolah Katolik. Metode yang digunakan dalam proses penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, wawancara, observasi dan dokumentasi. Nilai-nilai katolisitas itu diantaranya religius, moral, spiritual, pastoral, misioner, sosial dan kultural.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa para guru-guru Katolik telah menerapkan nilai-nilai katolisitas tersebut dalam hidup mereka di sekolah, Gereja dan masyarakat. Penerapan itu dilakukan melalui contoh dan teladan hidup mereka baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu, para guru juga mengarahkan nilai-nilai katolisitas kepada siswa di sekolah melalui proses belajar mengajar maupun dalam pergaulan mereka dalam lingkungan sekolah. Upaya ini sebagai langkah untuk menunjukkan kepada masyarakat tentang ciri khas sekolah Katolik sesungguhnya.
Penerapan nilai-nilai katolisitas yang diteladankan para guru memberikan pengaruh positif dalam diri siswa. Dari narasi informan, pengaruh itu terlihat dari perubahan pola pikir dan cara hidup siswa yang menunjukkan kemajuan dalam tingkah laku dan pergaulan mereka.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa nilai-nilai katolisitas sungguh-sungguh diterapkan dalam lingkungan SMA Katolik St. Petrus Kanisius Palangka Raya melalui teladan dan kesaksian hidup para guru. Meskipun demikian, dari narasi informa masih ditemukan bahwa para siswa belum semua menghayati nilai-nilai katolisitas dalam hidup mereka. Berdasarkan narasi informan khususnya , diungkapkan bahwa kurangnya penghayatan nilai nilai katolisitas itu terlihat dari kurangnya disiplin, siswa merokok dan belum menerapkannya secara sadar dalam kehidupan siswa sebagai suatu kebutuhan.
Ketersediaan
Tidak ada salinan data
Informasi Detil
Judul Seri |
SKRIPSI
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | : ., 2015 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
text
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
2015
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain